Rabu, 16 Maret 2011

MEMBANGUN MOODLE SEBAGAI APLIKASI E-LEARNING DI SEKOLAH

E-Learning adalah proses belajar mengajar yang dibantu oleh komputer. Proses yang paling mudah adalah dengan menggunakan web server, dan menjalankan aplikasi E-Learning tersebut melalui web. Dengan melalui web, kita praktis tidak perlu mengonfigurasi terlalu banyak disisi pengguna. Salah satu software paling menarik yang saat ini banyak digunakan untuk E-Learning adalah Moodle, yang bisa didownload di alamat http://www.moodle.org.
Moodle dapat diambil secara cuma – cuma karena merupakan software opensource dibawah lisensi GNU/GPL. Moodle membutuhkan GD Library untuk menggambarkan grafiknya. GD Library dapat didownload di Sini.
Agar lebih mudah, Moodle dapat diinstall melalui tampilan web dengan cara akses ke alamat http://ip-address-web/install.php atau http://ip-address/subfolder/install.php. Sebagai contoh akses ke alamat http://localhost/moodle/install.php.
Manual singkat mengenai cara installasi, kebutuhan paket dependensi, dan langkah pengkonfigurasian Moodle dapat dibaca di http://www.moodle.org > Documentation > Administrator Document > Installation Quickstart.
Buku yang bisa menjadi rujukan bagi anda untuk membangun Moodle sebagai aplikasi E-Learning di sekolah adalah buku karya Onno W. Purbo yang berjudul “Pedoman Membangun Server Linux untuk sekolah & UKM” yang diterbitkan oleh Dian Rakyat. Selamat mencoba untuk membangun aplikasi E-Learning di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar